Copyright 2018 - IDD of BP4B2 Donggala | Jl. Masitudju 58 Labuan Panimba Labuan Donggala Sulawesi Tengah Indonesia | email : bp4b2donggala@litbang.depkes.go.id

       Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Balai Litbang P2B2) merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Badan Litbang Kesehatan yang pada mulanya didirikan untuk meningkatkan kualitas pemberantasan malaria pada tahun 1997. Maka pada tahun tersebut, melalui Proyek Intensifikasi Pemberantasan Penyakit Menular (ICDC) dan Bank Pembangunan Asia (ADB) telah dikembangkan secara bertahap enam Statiun Lapangan Pemberantas Vektor (SLPV) dengan tugas meliputi bimbingan, survei, penelitian dan pengkajian terhadap kualitas upaya pemberantasan malaria.

       Perkembangan selanjutnya sebagai dampak dari lingkup tugas SLPV tersebut yang lebih terfokus pada kegiatan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), maka pada tanggal 11 Agustus 2000 melalui surat Sekjen Depkes RI dengan Dirjen P2MPLP dan Kepala Badan Litbangkes, telah disepakati mengalihkan pengelolaaan keenam SLPV tersebut kepada Badan Litbangkes. Sebagai tindak lanjutnya, dikeluarkan Keputusan Kepala Badan Litbangkes No. KP.04.04.2.2.2433 tanggal 31 Agustus 2000 tentang Pembentukan Unit Pelaksana Fungsional Penelitian Vektor dan Reservoir Penyakit (UPF-PVRP), yang isinya menetapkan pembentukan UPF-PVRP pada BPVRP Salatiga.

       Dalam perkembangan unit tersebut sebagai UPF terdapat hambatan terutama dari segi kewenangan pengelolaan sumber daya (tenaga, sarana dan anggaran). Untuk mengantisipasi masalah tersebut, maka Menkes RI mengeluarkan keputusan No.1406/Menkes/SK/IX/2003 yang melembaga menjadi unit kerja tersendiri sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Litbang yaitu Loka Litbang P2B2.

       Seiring dengan berkembangnya tugas pokok dan fungsi dan beban kerja yang semakin tinggi, maka sejak tanggal 24 September 2008, Loka Litbang P2B2 Donggala berganti nama dan meningkat kelembagaannya menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Litbang P2B2) Donggala sesuai SK Menkes nomor 895/Menkes/Per/IX/2008 setingkat eselon III B. Operasional pertama kali dilakukan pada tanggal 1 September 1999, yang kemudian dijadikan sebagai hari ulang tahun Balai Litbang P2B2 Donggala.

 

Hubungi Kami

 

Balai Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Donggala

Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

Jl. Masitudju No.58 Labuan Panimba Labuan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Indonesia

email : bp4b2donggala@gmail.com , bp4b2donggala@litbang.depkes.go.id 

 

Peta Lokasi

on Twitter