Copyright 2018 - IDD of BP4B2 Donggala | Jl. Masitudju 58 Labuan Panimba Labuan Donggala Sulawesi Tengah Indonesia | email : bp4b2donggala@litbang.depkes.go.id

RINGKASAN PENELITIAN TAHUN 2017

 No.  Judul  Ringkasan
 1.

Studi Evaluasi Eliminasi Filariasis di Indonesia Tahun 2017

(Studi Multisenter Filariasis)

Studi bertujuan untuk menganalisis program eliminasi filariasis di kabupaten/kota yang telah melaksanakan POMP. Analisis dilakukan untuk melihat kegagalan dan keberhasilan pelaksanaan eliminasi filariasis.

Studi evaluasi ini diadakan di 24 kabupaten/kota dengan melibatkan satuan kerja yang berada di bawah Badan Litbangkes. Dalam pelaksanaannya ada 10 kegiatan pengumpulan data yang meliputi pre-TAS dan TAS, survei darah jari, survei KAP filariasis, stool survey, deteksi DNA brugia,  survei vektor, pengambilan darah reservoar, focus group discussion, indepth interview, dan survei lingkungan. Untuk kegiatan pre-TAS pelaksanaannya dilakukan oleh Ditjen P2P. Hasil pre-TAS dan TAS yang dijadikan dasar penentuan lokasi penelitian dan sampel.

Dari hasil studi ini diharapkan akan diperoleh informasi sebagai bahan untuk penetapan kebijakan dalam hal pengembangan model eliminasi filariasis yang dapat diterapkan pelaksana program dalam pencegahan dan pengendalian filariasis.

 2.  Pemetaan Habitat Hospes Perantara Schistosomiasis Keong Oncomelania hupensis lindoensis di Wilayah Endemis Schistosomiasis di Indonesia 

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian multi years berjudul "Percontohan (Pilot Project) Peran Serta Masyarakat dalam Pengendalian Schistosomiasis di Dataran Tinggi Napu dan Pemetaan Habitat Hospes Perantara Schistosomiasis Keong Oncomelania hupensis lindoensis di Wilayah Endemis Schistosomiasis di Indonesia" yang akan dilaksanakan selama 3 tahun.

Pada tahun pertama (2017), hanya akan dilakukan pemetaan habitat hospes perantara schistosomiasis keong Oncomelania hupensis lindoensis di 3 wilayah, yaitu Dataran Tinggi Napu, Lindu, dan Bada. Hasil pemetaan daerah fokus schistosomiasis akan digunakan sebagai dasar perencanaan pengendalian schistosomiasis, terutama untuk mengetahui metode manajemen lingkungan yang tepat yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan lintas sektor terkait.

 

 RENCANA PENELITIAN TAHUN 2018*

No.  Judul  Keterangan 
 1. Percontohan (Pilot Project) Peran Serta Masyarakat dalam Pengendalian Schistosomiasis di Dataran Tinggi Napu

Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian multi years berjudul "Percontohan (Pilot Project) Peran Serta Masyarakat dalam Pengendalian Schistosomiasis di Dataran Tinggi Napu dan Pemetaan Habitat Hospes Perantara Schistosomiasis Keong Oncomelania hupensis lindoensis di Wilayah Endemis Schistosomiasis di Indonesia" yang akan dilaksanakan selama 3 tahun.

Pada tahun kedua (2018) akan dilakukan penelitian quasi eksperimental tentang peran serta masyarakat dalam pengendalian schistosomiasis di Dataran Tinggi Napu

 2.  Studi Epidemiologi Rabies di Kabupaten Poso dan Sigi, Propinsi Sulawesi Tengah Penelitian ini direncanakan akan dilakukan di Kabupaten Poso dan Sigi dengan tujuan untuk mengetahui epidemiologi rabies di kabupaten poso dan kabupaten sigi tahun 2018.
3. Epidemiologi Leptospirosis di Kabupaten Tojo Una Una dan Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah Penelitian ini direncanakan akan dilakukan di Kabupaten Tojo Una Una dan Tolitoli dengan tujuan mendapatkan gambaran epidemiologi leptospirosis di Kabupaten Tojo Una Una dan Tolitoli.
*dapat berubah sesuai hasil review lanjutan baik internal Balai Donggala maupun PPI Pusat UKM; serta ketersediaan anggaran

Hubungi Kami

 

Balai Litbang Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (P2B2) Donggala

Badan Litbang Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

Jl. Masitudju No.58 Labuan Panimba Labuan Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Indonesia

email : bp4b2donggala@gmail.com , bp4b2donggala@litbang.depkes.go.id 

 

Peta Lokasi

on Twitter